Personal Area Network (PAN)

      E. Personal Area Network (PAN)

    Istilah PAN dapat diartikan sebagai area jaringan terbatas yang dibangun ban digunakan oleh seseorang melalui sebuah peranti komputer melalui gelombang radio yang menghubungkan beberapa peranti sekaligus.sebagai contoh seorang pengguna yang menyalakan peranti USB wireless atau bluetooth pada laptop nya untuk mengontrol beberapa peranti sekaligus seperti web camera,digital camera MP3 player Smartfren, printer bluetooth speaker, wireless media player headset, IP camera, dan mi remote PC desktop.

teknologi yang digunakan untuk men transmisi kan data antar device dalam pkn kebanyakan menggunakan lutut dan infrared .data yang disalurkan bisa menembus tembok koma kain koma maupun tas sehingga saat fleksibel dan portabel dalam penggunaan.


berikut beberapa kelebihan karakteristik PAN bagi penggunanya yaitu sebagai berikut: 
a.konsumsi daya listrik kecil sehingga           memungkinkan perangkat jaringan lebih tahan       lama bekerja.
b. Fleksibel dan mobilitas tinggi.
c.sederhana dalam instalasi dan kecepatan akses data cukup tinggi dalam hal transfer data antar peran ti dalam jarak tertentu.
d. Biaya lebih murah dibanding sistem LAN atau WAN.
e. Dapat mengadopsi berbagai jenis topologi jaringan.

F.Local Area Network (LAN)
local area network atau yang lebih dikenal sebagai jaringan lokal merupakan sekumpulan peranti jaringan yang terhubung satu sama lainnya. Oleh karena itu, jaringan lokal memiliki karakteristik sebagai berikut:
1. Memiliki tingkat kecepatan lebih tinggi dibandingkan PAN
2. Memiliki daya jangkauan lebih luas dibandingkan PAN
3. Biaya instalasi lebih murah
4. Tidak membutuhkan jasa provider

pada jaringan lokal, terdapat dua jenis pilihan media transmisi yang digunakan yaitu sebagai berikut:
1. Media kabel seperti twisted pair dan fiber optic.
2. Media nirkabel nirkabel seperti gelombang radio (wireless).

G. Metropolitan Area Network (MAN)
sebuah jaringan komputer dikatakan sebagai man jika memiliki jarak atau radius media transmisi antara 10 hingga 50 km.MAN merupakan gabungan beberapa LAN yang saling terhubung satu sama lainnya.

H. Wide Area Network (WAN)
WAN jaringan dengan area wilayah yang luas baik antar negara benua bahkan di seluruh dunia.dengan wa-an, hubungan komunikasi dengan orang di wilayah lain bahkan di luar negeri dapat dilakukan sehingga memungkinkan untuk melakukan transaksi bisnis secara online.




Komentar

Postingan populer dari blog ini